Rabu, 27 Oktober 2021

RPP GEOGRAFI TERBARU YANG DISEDERHANAKAN

 

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

Sekolah                        : SMA.......

Mata pelajaran              : Geografi

Kelas/Semester            : X / Ganjil

Materi                              : Pengetahuan Dasar Geografi

Sub Materi                       ; Ruamg lingkup, objek study dan aspek geografi

Alokasi Waktu             : 3 Jam ( 1 kali pertemuan)

 

Kompetensi Dasar

Tujuan Pembelajaran

3.1. Memahami pengetahuan dasar geografi dan terapannya dalam kehidupan sehari-hari

4.1.Menyajikan contoh penerapan pengetahuan dasar geografi pada kehidupan sehari-hari dalam bentuk tulisan

Melalui model pembelajaran Discovery Learning peserta didik diharapkan dapat:

1.     Menjelaskan ruang lingkup pengetahuan geografi.

2.   Mendeskripsikan objek studi dan aspek geografi.

MATERI PEMBELAJARAN

Ruang lingkup pengetahuan geografi

Objek studi dan aspek geografi

MEDIA/SUMBER

Ø Yasinto Sindhu,2017, Geografi Untuk SMA/MA Kelas X, Jakarta, Erlangga

Ø Akses internet, HP android dan laptop

 

 KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan Pendahuluan

Ø Salam, Do’a dan Absensi

Ø Melakukan perkenalan dan apersepsi

Ø Menyampaikan tujuan pembelajaran

Kegiatan Inti:

1.    Tayangan stimulus berupa :

a.       Gambar, video dan atau cuplikan berita surat kabar tentang wabah covid 19

b.      Peta dan gambar bukit longsor

c.       Gambar bencana banjir, kebakaran hutan dan kelaparan

2.    Mengarahkan siswa dalam diskusi terbuka/terbimbing tentang ruang lingkup pengetahuan geografi, objek studi dan aspek geografi

3.    Siswa diminta untuk mencari sumber bahan ajar, mempelajarinya, membuat resume dan membuat laporan tertulis atau pun paparan mandiri tentang ruang lingkup pengetahuan geografi, objek studi dan aspek geografi.

4.    Peserta didik menyelesaikan LKPD pengetahuan dasar

5.    Guru dan peserta didik melakukan tanya jawab ruang lingkup pengetahuan geografi, objek studi dan aspek geografi

Kegiatan Penutup

- Menyimpulkan materi pembelajaran dan melakukan refleksi

- Menginformasikan materi untuk pertemuan berikutnya dan pemberian tugas mandiri

- Doa dan salam

 

PenilaianPembelajaran

Ø Penilaian Sikap (Spiritual dan Sosial) dengan jurnal

Ø Penilaian Pengetahuan (Penugasan) dengan test tertulis

Ø Penilaian Keterampilan (Praktek/Unjuk kerja)

 

Mengetahui,                                                                     Cilegon,    Juli 2021

Kepala SMA ..............................                                      Guru Mata Pelajaran

   

 

 

Suwardi. M.Pdi                                                                 Enir Karmilah, S.Pd

                                                                                                        

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

Sekolah                        : SMA 

Mata pelajaran              : Geografi

Kelas/Semester            : X / Ganjil

Materi                              : Pengetahuan Dasar Geografi

Sub Materi                       ; Konsep dasar geografi

Alokasi Waktu             : 3 Jam ( 1 kali pertemuan)

 

Kompetensi Dasar

Tujuan Pembelajaran

3.1. Memahami pengetahuan dasar geografi dan terapannya dalam kehidupan sehari-hari

4.1.Menyajikan contoh penerapan pengetahuan dasar geografi pada kehidupan sehari-hari dalam bentuk tulisan

Melalui model pembelajaran Discovery Learning peserta didik diharapkan dapat:

1.     Mendeskripsikan konsep esensial geografi

2.     Membuat contoh penerapan konsep geografi

MATERI PEMBELAJARAN

Konsep Essensial geografi

 

MEDIA/SUMBER

Ø Yasinto Sindhu,2017, Geografi Untuk SMA/MA Kelas X, Jakarta, Erlangga

Ø Akses internet, HP android dan laptop

 

 KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan Pendahuluan

Ø Salam, Do’a dan Absensi

Ø Melakukan apersepsi

Ø Menyampaikan tujuan pembelajaran

Kegiatan Inti:

Ø Guru menjelaskan dan memberikan materi tentang konsep dasar geografi dan contohnya dengan menggunakan video pembelajaran atau ringkasan materi secara tertulis

Ø Tanya jawab seputar materi yang ditayangkan dari video pembelajaran

Ø Guru Memberikan Tugas secara tertulis (Pengetahuan/ketrampilan)

Kegiatan Penutup

- Menyimpulkan materi pembelajaran dan melakukan refleksi

- Menginformasikan materi untuk pertemuan berikutnya dan pemberian tugas mandiri

- Doa dan salam

 

PenilaianPembelajaran

Ø Penilaian Sikap (Spiritual dan Sosial) dengan jurnal

Ø Penilaian Pengetahuan (Penugasan) dengan test tertulis

Ø Penilaian Keterampilan (Praktek/Unjuk kerja)

 

Mengetahui,                                                                     Cilegon,    Juli 2021

Kepala                                                                               Guru Mata Pelajaran

   

 

 

Suwardi. M.Pdi                                                                 Enir Karmilah, S.Pd

                                                                                          Nip.19770609 201001 2 007

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

Sekolah                        : SMA 

Mata pelajaran              : Geografi

Kelas/Semester            : X / Ganjil

Materi                              : Pengetahuan Dasar Geografi

Sub Materi                       : Prinsip Geografi

Alokasi Waktu             : 3 Jam ( 1 kali pertemuan)

 

Kompetensi Dasar

Tujuan Pembelajaran

3.1. Memahami pengetahuan dasar geografi dan terapannya dalam kehidupan sehari-hari

4.1.Menyajikan contoh penerapan pengetahuan dasar geografi pada kehidupan sehari-hari dalam bentuk tulisan

Melalui model pembelajaran Discovery Learning peserta didik diharapkan dapat:

1.     Mendeskripsikan prinsip geografi

2.     Membuat contoh penerapan prinsip geografi

MATERI PEMBELAJARAN

Prinsip geografi

Contoh penerapan prinsip geografi

MEDIA/SUMBER

Ø Yasinto Sindhu,2017, Geografi Untuk SMA/MA Kelas X, Jakarta, Erlangga

Ø Akses internet, HP android dan laptop

 

 KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan Pendahuluan

Ø Salam, Do’a dan Absensi

Ø Melakukan apersepsi

Ø Menyampaikan tujuan pembelajaran

Kegiatan Inti:

Ø Guru menjelaskan dan memberikan materi tentang prinsip geografi dan contoh penerapan prinsip geografi dengan menggunakan video pembelajaran atau ringkasan materi secara tertulis

Ø Tanya jawab seputar materi yang ditayangkan dari video

Ø Guru Memberikan Tugas secara tertulis (Pengetahuan/ketrampilan)

 

Kegiatan Penutup

- Menyimpulkan materi pembelajaran dan melakukan refleksi

- Menginformasikan materi untuk pertemuan berikutnya dan pemberian tugas mandiri

- Doa dan salam

 

PenilaianPembelajaran

Ø Penilaian Sikap (Spiritual dan Sosial) dengan jurnal

Ø Penilaian Pengetahuan (Penugasan) dengan test tertulis

Ø Penilaian Keterampilan (Praktek/Unjuk kerja)

 

Mengetahui,                                                                     Cilegon,    Juli 2021

Kepala                                                                             Guru Mata Pelajaran

   

 

 

Suwardi. M.Pdi                                                                 Enir Karmilah, S.Pd

                                                                                          Nip.19770609 201001 2 007

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

Sekolah                        : SMA 

Mata pelajaran              : Geografi

Kelas/Semester            : X / Ganjil

Materi                              : Pengetahuan Dasar Geografi

Sub Materi                      : Pendekatan Geografi

Alokasi Waktu             : 3 Jam ( 1 kali pertemuan)

 

Kompetensi Dasar

Tujuan Pembelajaran

3.1. Memahami pengetahuan dasar geografi dan terapannya dalam kehidupan sehari-hari

4.1.Menyajikan contoh penerapan pengetahuan dasar geografi pada kehidupan sehari-hari dalam bentuk tulisan

Melalui model pembelajaran Discovery Learning peserta didik diharapkan dapat:

1.    Mendeskripsikan pendekatan geografi

2.    Membuat kliping penerapan pendekatan geografi

MATERI PEMBELAJARAN

Pendekatan geografi

 

MEDIA/SUMBER

Ø Yasinto Sindhu,2017, Geografi Untuk SMA/MA Kelas X, Jakarta, Erlangga

Ø Akses internet, HP android dan laptop

 

 KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan Pendahuluan

Ø Salam, Do’a dan Absensi

Ø Melakukan apersepsi

Ø Menyampaikan tujuan pembelajaran

Kegiatan Inti:

Ø Guru menjelaskan dan memberikan materi tentang pendekatan geografi dengan menggunakan video pembelajaran atau ringkasan materi secara tertulis

Ø Tanya jawab seputar materi yang ditayangkan dari video pembelajaran

Ø Guru Memberikan Tugas secara tertulis (Pengetahuan/ketrampilan)

Kegiatan Penutup

- Menyimpulkan materi pembelajaran dan melakukan refleksi

- Menginformasikan kegiatan penilaian harian untuk K.D 3.1 untuk pertemuan selanjutnya

- Doa dan salam

 

PenilaianPembelajaran

Ø Penilaian Sikap (Spiritual dan Sosial) dengan jurnal

Ø Penilaian Pengetahuan (Penugasan) dengan test tertulis

Ø Penilaian Keterampilan (Praktek/Unjuk kerja)

 

Mengetahui,                                                                     Cilegon,    Juli 2021

Kepala                                                                               Guru Mata Pelajaran

   

 

 

Suwardi. M.Pdi                                                                 Enir Karmilah, S.Pd

                                                                                          Nip.19770609 201001 2 007

Tidak ada komentar:

Posting Komentar